23 Oktober 2020

Klaster Baru COVID-19 di Yogya , Soto Lamongan Depan XT Square

2 min read

Flu Tulang – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menyebut Warung Soto Lamongan depan XT Square menjadi klaster baru penyebaran virus Corona atau COVID-19. Hal itu menyusul hasil tracing yg dilakukan Pemkot Yogyakarta hari ini.

“Pada hari ini, hasil tracing terhadap kasus Soto Lamongan akhirnya ditemukan 10 kasus positif. Mereka adalah keluarga dan karyawan Soto Lamongan,” kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (29/8/2020).

Baca Juga :

2 Tewas dan 5 Hilang , ketika 7 Wisatawan Terseret Ombak Pantai Goa Cemara di Bantul

Viral Keributan di Jalan Affandi Gejayan hingga Meludahi Kamera Pengendara Motor

“Oleh sebab itu, Soto Lamongan sudah menjadi klaster baru di Kota Yogya,” imbuhnya.

Heroe menjelaskan telah melakukan swab terhadap 19 orang. Namun, masih ada anggota keluarga yang belum dilakukan swab test.

“Kasus soto Lamongan swab test dilakukan pada 19 orang, dan masih satu anggota keluarga di rumah yang belum melakukan swab test,” ujarnya.

Dia meminta kepada pembeli Soto Lamongan tersebut pada bulan Agustus agar memeriksakan diri di fasilitas kesehatan terdekat. Dia juga meminta agar para pembeli soto tersebut dilakukan isolasi mandiri selama 14 hari dirumah.

“Kepada para pembeli Soto Lamongan tersebut pada bulan Agustus untuk segera periksa di layanan kesehatan terdekat, agar blocking kasus bisa dilakukan dan tidak menyebar kemana-mana, dan sudah melakukan isolasi mandiri,” ucapnya.

“Selalu pakai masker, tetap berada di rumah, dan tidak keluar dari rumah, serta membatasi sentuhan pada barang-barang dilakukan selama 14 hari,” sambung Heroe

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menyebut ada seorang pedagang soto di Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta yang terkonfirmasi positif COVID-19. Karena itu warung soto Lamongan XT Square sementara ditutup dan pelanggan yang datang selama bulan Agustus diminta melakukan isolasi diri.

“Soto Lamongan di depan XT Square pedagangnya satu orang positif (COVID-19). Sejak kemarin (warung soto tersebut) sudah tidak buka dan sudah disemprot disinfektan,” pungkasnya saat ditemui wartawan di Kompleks Balai Kota Yogyakarta, Rabu (26/8).

Sumber : Detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *