21 Oktober 2020

Segini Kuota yang Disediakan Untuk Kartu Prakerja Gelombang 8 yang Resmi Dibuka

3 min read

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 8 telah dibuka hari ini, Kamis (10/9/2020) pukul 12.00 WIB. Hal itu dikonfirmasi oleh Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu.

“Pendaftaran gelombang 8 baru kami buka siang ini jam 12.00 WIB,” kata Louisa saat dikonfirmasi Liputan6.com

Sama seperti gelombang sebelumnya, kuota yang disediakan pada gelombang 8 ini adalah 800.000 orang. Penerima Kartu Prakerja tersebut merupakan daftar kelompok prioritas yang diberikan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan BPJS Ketenagakerjaan.

Bertepatan dengan momentum kembali diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh Pemprov DKI Jakarta, Louisa menyebutkan belum terlihat adanya perubahan tren terkait volume pendaftar program ini.

“Pendaftaran Kartu Prakerja dilakukan secara daring. Jadi seharusnya tidak terpengaruh oleh PSBB. Kuota gelombang 8 tetap 800.000,” kata dia.

Untuk diketahui, pemerintah menargetkan hingga akhir tahun bakal ada 5,6 juta orang yang menjadi peserta dan mendapatkan insentif dari program Kartu Prakerja.

Pada gelombang 7 lalu, PMO Kartu Prakerja mencatat lebih dari 2,8 juta orang yang mendaftar. Sehingga, dengan kuota yang tersisa sebanyak 1,8 juta orang, maka pembukaan gelombang pendaftaran akan dilakukan sebanyak tiga kali lagi.

“Diharapkan begitu kalau bisa konsisten 800.000 per gelombang,” jelas dia.

Kartu Prakerja Gelombang 8 Resmi Dibuka, Bisa Daftar Lewat Handphone

Pemerintah kembali membuka pendaftaran Kartu Prakerja untuk gelombang 8. Pengumuman mengenai pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 8 ini sampaikan melalui akun Instagram @prakerja.go.id.

“Gelombang 8 Kartu Prakerja telah dibuka!,” tulis akun tersebut, Kamis (10/9/2020).

Untuk bisa mendaftar program Kartu Prakerja ini, calon peserta harus mengikuti sejumlah langkah.

Cara daftar:

1. Buka www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer kamu

2. Siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK kamu, masukkan data diri dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun

3. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara online.

4. Klik ‘Gabung’ pada gelombang yang sedang dibuka

5. Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi gelombang melalui SMS

Namun sebelum mendaftar, calon peserta Kartu Prakerja juga harus memperhatikan syarat berikut ini:

1. Warga Negara Indonesia

2. Berusia di atas 18 tahun

3. Tidak sedang sekolah/kuliah

Informasi lengkap seputar pendaftaran dapat dibaca di www.prakerja.go.id/faq

Pemerintah Terus Cairkan Insentif Kartu Prakerja

Manajemen pelaksana (PMO) Program Kartu Prakerja mengaku terus memberikan insentif kepada peserta kartu Prakerja yang telah menyelesaikan pelatihan. Namun, Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu belum bisa menyebutkan total dari keseluruhan insentif yang telah digelontorkan.

“Insentif terus dibayarkan kepada penerima Kartu Prakerja, jumlah totalnya belum bisa kami sampaikan sekarang karena sangat dinamis,” ujar dia kepada Liputan6.com, Jumat (4/9/2020).

Meski begitu, Louisa mengatakan manajemen pelaksana program Kartu Prakerja terus melakukan pembayaran insentif setiap harinya. Louisa kembali mengingatkan, insentif tetap akan diberikan kepada peserta yang telah menyelesaikan seluruh rangkaian pelatihannya.

“Setiap hari ada pembayaran. Insentif pertama diberikan setelah penerima Kartu Prakerja menyelesaikan pelatihan pertamanya, sudah menerima sertifikat, sudah memberikan ulasan dan rating terhadap pelatihan yang telah diikutinya,” jelas dia.

Seperti diketahui, setiap peserta program Kartu Prakerja akan mendapat paket manfaat senilai Rp 3,55 juta. Adapun rinciannya, terdiri dari bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta. Kemudian insentif pasca pelatihan sebesar Rp 600 ribu per bulan untuk empat bulan, serta insentif survei kebekerjaan dengan total Rp 150 ribu.

Pelatihan Pemasaran Jadi Favorit Peserta Kartu Prakerja

Sebelumnya, Pemerintah kembali membuka pendaftaran program Kartu Prakerjagelombang 7 pada Kamis 3 September 2020. Ini merupakan program lanjutan setelah gelombang 6 ditutup pada Senin 31 Agustus 2020 pukul 12.00 WIB.

Sampai dengan gelobang 6, Manajemen Pelaksana (PMO) Program Kartu Prakerja mencatat sebanyak 3 juta peserta telah terdaftar. Diantaranya, paling banyak memilih pelatihan mengenai penjualan dan pemasaran.

“Dari beragam pelatihan yang ditawarkan oleh Lembaga Pelatihan, yang paling banyak diambil adalah pelatihan mengenai penjualan dan pemasaran,” beber Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, kepada Liputan6.com, Jumat (4/9/2020).

Menyusul setelahnya, lanjut Louisa, ada bidang teknologi informasi, keuangan, bahasa asing, gaya hidup, perkantoran, dan makanan minuman yang juga banyak diambil oleh Peserta Kartu Prakerja.

Sumber : liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *