23 Oktober 2020

Perkembangan Teknologi Motor Terbaru dari Masa ke Masa

3 min read

Perkembangan teknologi motor terbaru banyak menawarkan fitur menarik dibanding dahulu yang terlihat lebih monoton. Selain itu dari segi desainnya pun juga lebih variatif dan selalu meluncurkan berbagai model kreatif sehingga tidak membosankan.

Perkembangan Teknologi Motor Terbaru dari Tahun Ke Tahun

Melihat perkembangan teknologi motor dari tahun ke tahun, produsen otomotif cukup berhasil menciptakan berbagai inovasi menarik yang mampu menarik setiap pembeli untuk merasakan setiap proses pembenahan tersebut. Berikut ini beberapa komponen yang mengalami perubahan:

  1. Siklus Pembakaran

Dulu motor yang dijual di pasaran kebanyakan memiliki teknologi mesin “Dua Tak”, kemudian lama kelamaan produsen mencoba melakukan pembenahan dan perubahan menjadi “Empat Tak”. Pencetusan produk ini berhasil menguasai pasar.

Penggunaan mesin empat tak ini mampu menghemat bahan bakar dibandingkan teknologi sebelumnya. Jadi tak heran jika pembaharuan ini mampu menarik para pembeli untuk menikmati kecanggihan produk yang dapat menekan biaya bahan bakar.

  1. Sistem Transmisi

Seperti yang diketahui sebelumnya, seluruh motor di jaman dulu masih menggunakan teknologi mesin dua tak jadi metode tranmisinya memakai sistem konvensional. Jika pada saat ini gigi dapat diinjak sebanyak 4 kali, dahulu cukup hanya 2 kali saja.

Sistem ini juga dibenahi dengan sangat optimal hingga saat ini penggunaan dua tak sudah tak digunakan lagi. Bahkan di pasaran lebih memilih jenis matic, karena cara pemakaiannya praktis dan mudah jadi tak perlu keahlian khusus untuk mengendarainya.

  1. Teknik Starter

Kemudian pembenahan selanjutnya adalah penggunaan kick starter. Teknik ini dilakukan dengan cara menendang tuas ratcheting memakai kaki agar mesin dapat hidup, maka dari itu hal ini sedikit membutuhkan tenaga ekstra.

Saat ini teknik tersebut sudah tidak digunakan lagi, pemakaian metode electric strarter menjadi pilihan untuk mempermudah proses penghidupan mesin motor. Hanya cukup dengan menekannya menggunakan jari jempol, kendaraanpun dapat menyala.

  1. Komponen Pembakaran

Perkembangan teknologi motor terbaru selanjutnya adalah perubahan pada sistem pembakarannya, yang tadinya menggunakan karburator, kini sudah tidak lagi. Seluruh motor sudah menggunakan metode injeksi sehingga proses pelaksanaan service rutin dapat dilakukan melalui komputer.

Perubahan dari sistem karburator ke bentuk injeksi ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar sehingga biaya dapat lebih ditekan. Hal ini otomatis akan memangkas keluarnya emisi yang menyebabkan polusi udara.

Motor Jenis Apa yang Saat Ini Cukup Digemari?

Melihat dari perkembangan teknologi motor di Indonesia ini memang jika dibandingkan dengan sekarang sudah memiliki perubahan yang sangat signifikan baik tampilan maupun pembakaran mesinnya. Jika Anda mengamati, matic merupakan kendaraan terpopuler di 2020

Pengguna jenis motor ini cukup banyak dijumpai di jalan-jalan. Berbagai desain menarik dan variatif ditawarkan dengan pembaharuan yang terus menerus dilakukan membuat konsumen semakin bingung untuk memilihnya.

Gaya khas mirip dengan vespa, membuat matic sangat cocok digunakan oleh para wanita. Namun tidak menutup kemungkinan bagi para pria untuk mengendarainya. Karena kenyataannya laki-lakipun banyak yang memilih kendaraan jenis ini.

Alasan Matic Lebih Digemari

Motor matic memang cukup digemari oleh khalayak ramai, terbukti dengan banyaknya pengendara jenis kendaraan ini di jalanan. Bukan hanya wanita saja yang menggunakannya, namun para lelakipun suka dengan kelebihan-kelebihannya.

Matic sering dipilih karena cara penggunaannya cukup praktis dan mudah, jadi hanya tinggal menggerakkan gas saja motor sudah dapat berjalan tanpa menginjak gigi. Selain itu, bagasi yang luas membuat pengendara bisa membawa barang banyak.

Lalu jok motor didesain sedemikian rupa sehingga sangat nyaman digunakan untuk berboncengan bersama teman atau keluarga. Bentuk jok yang sejajar dengan bagian depannya membuat penumpang di belakangnya merasa aman.

Itulah tahapan perkembangan teknologi motor terbaru dari dulu hingga sekarang. Semoga dapat memberikan informasi tambahan bagi Anda sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *