23 Oktober 2020

Belajar SEO Adsense dalam Dunia Marketing Online

2 min read

Jika Anda merupakan pebisnis dengan langkah marketing utama menggunakan internet, maka wajib hukumnya untuk belajar SEO Adsense. Hal tersebut sangat berguna untuk mempromosikan produk dagangan melalui website agar selalu mendapat rating tertinggi di search engine.

Apa Itu SEO Adsense?

Sejatinya, SEO (Search Engine Optimization) Adsense merupakan salah satu layanan program periklanan dari Google. Sehingga, memungkinkan para pengguna untuk memasang iklan pada website atau pun blog dengan banyak follower.

Google Adsense tersebut akan menampilkan iklan berupa text, video dan juga gambar di website pengguna. Untuk menikmati layanan tersebut, maka Anda harus mendaftar terlebih dahulu agar mendapatkan persetujuan dari pihak Google.

Program layanan Adsense tersebut pertamakali muncul pada tahun 2003. Namun saat itu, sistemnya belum terstruktur dengan baik sehingga jangakauannya pun hanya terbatas. Baru pada 2012, layanan ini telah meluas hingga ke beberapa negara di dunia termasuk juga Indonesia.

Poin Penting saat Belajar SEO Adsense

Dalam dunia marketing produk di internet, Google Adsense sudah bukan menjadi barang asing lagi. Hal tersebut kini semakin populer karena mempunyai cara kerja profesional dan tentunya akan menguntungkan baik pengiklan dan pemilik website. Berikut ulasannya:

1. Pengguna Harus Menyediakan Ruang Pengiklanan

Agar bisa mendapatkan akses Adsense iklan dari Google, maka Anda harus menyediakan ruang tempat iklannya terlebih dahulu baik itu di blog maupun situs website. Hal ini adalah syarat utama dan pertama supaya pengguna dapat mengakses layanannya secara penuh.

Adapun, biasanya iklan akan ditampilkan pada footer, header, sidebar serta konten artikel. Maka dari itu, sediakanlah ruang kosong agar sistem pengiklanan dapat dimasukkan dengan rapi. Tugas Anda hanyalah memasukkan kode dari Google dan kemudian layanan promosi otomatis muncul.

2. Pemunculan Iklan Termahal dari Para Pelamar

Setelah Anda menyediakan ruang untuk tempat peletakan iklan, maka cara kerja selanjutnya dari SEO Adsense yakni melakukan penyeleksian konten iklannya. Hal ini dilakukan oleh pihak Google dengan mempertimbangkan harga paling mahal. Di sini pelamar harus berani mengeluarkan biaya.

Dalam konteks ini maksudnya adalah pihak yang memiliki iklan akan melamar di Google Adsense. Dengan begitu, pemilik website berkesempatan untuk ditampilkan pada berbagai macam blog pribadinya namun juga bergantung pada ketentuan dan syarat yang berlaku.

3. Pengguna Mendapatkan Royalty dari Iklan

Salah satu hal yang paling menguntungkan dari belajar SEO Adsense bagi Anda yakni mendapatkan keuntungan royalty dari sana. Hal tersebut jumlahnya lumayan besar dan akan bertambah banyak jika iklannya pun berjumlah puluhan dalam sehari.

Di samping itu, semakin banyak pengunjung website yang mengklik iklan tersebut, maka bayarannya pun menjadi makin besar pula. Jadi, untuk memperoleh keuntungan berlipat, maka perhatikan hal-hal seperti berikut:

  • Letakkanlah iklan pada tempat-tempat yang strategis dan mudah dilihat oleh pengunjung website.
  • Buatlah desain iklan semenarik mungkin dengan tulisan lumayan besar agar pengunjung berminat membukannya.
  • Jangan meletakkan iklan terlalu banyak dalam satu postingan yang sama karena malah akan menganggu pengunjung.
  • Jangan meletakkan iklan video maupun gambar pada bagian tengah konten artikel karena malah menganggu pengunjung website.
  • Dalam setiap postingan Anda, selalu berikan iklan.

Demikianlah pembahasan yang dapat disampaikan mengenai belajar SEO Adsense dalam ulasan kali ini. Dengan melakukan tata cara yang benar, besar kemungkinan Anda akan menjadi patner dari pihak Google dan mendapatkan pundi-pundi rupiah setiap bulannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *