28 Oktober 2020

Cara Belajar SEO Youtube Agar Hasil Maksimal

3 min read

Sudah tidak asing lagi bila salah satu aplikasi Youtube kini dirundung pengunjung. Mulai dari sekedar menikmati tontonan hingga menjadi pengisi konten yang disebut sebagai “Youtuber”. Namun untuk membuat tampilan video Anda di posisi teratas perlu belajar SEO Youtube untuk hasil maksimal.
Pentingnya Belajar SEO Youtube


Bukan suatu rahasia lagi jika menjadi seorang Youtuber saat ini sangat menjanjikan. Tidak jarang pula banyak orang sukses berangkat dari aplikasi tersebut. Pasalnya Anda hanya perlu membuat konten menarik sehingga bisa mendatangkan pengunjung untuk menonton bahkan menyukai video.
Tetapi banyak pula pengguna yang sudah terjun namun kesulitan membangun posisi. Meski telah mengupayakan pembuatan konten menarik, kemudian mempromosikan kepada khalayak. Tetap saja pengaruh SEO sangat diperlukan. Hal ini agar video milik Anda dapat muncul pada posisi teratas.
Sebab untuk dapat meraih keuntungan dari Youtube, mengharuskan Anda untuk memiliki video yang memenuhi target minimal jumlah viewers dan subscribers. Mempelajari SEO akan sangat membantu memunculkan konten sehingga membuat banyak orang melihat.
Panduan Belajar SEO Youtube yang Perlu Dilakukan
Video yang menarik di Youtube saat ini sudah bukan hanya mengandalkan konten dan tata cara pengambilan gambar. Hal ini dikarenakan terlalu banyak pesaing bahkan dengan tema serupa. Itu sebabnya Anda perlu memperlajari SEO Youtube untuk menaikkan posisi di kolom pencarian.

Riset Kata Kunci


Pertama kali yang perlu Anda pelajari jika ingin menguasai ilmu SEO Youtube yaitu mengenai riset kata kunci. Cara yang paling tepat adalah menemukan keyword sesuai dengan niche video. Hal ini diperlukan agar tetap relevan sehingga tidak terkesan terlalu mengada-ada.
Lebih sempurna lagi jika Anda membuat video setelah menemukan kata kunci yang sedang trending. Faktor ini sangat mendukung untuk mendatangkan banyak penonton serta subscribers di channel. Riset ini juga bisa dilakukan melalui Google dengan mencari jejak pencarian pengunjung.

Video Berkualitas


Belajar SEO Youtube memang sangat diperlukan untuk mendukung posisi video yang Anda unggah agar berada di atas. Ketika diketikkan sebuah kata kunci dalam mesin pencarian maka akan langsung muncul sebagai rekomendasi, namun tidak cukup sampai di sini saja.
Anda juga perlu menjamin agar penonton tidak kecewa ketika terlanjur mengklik. Suguhkan video menarik dan berkualitas sesuai jenis yang dipilih. Mulai dari menyanyi, memasak, makan, berdandan, atau lainnya. Hal ini untuk memancing viewers agar mau menyukainya bukan pergi.

Optimasi Metadata


Hal berikutnya yang juga penting sehingga tidak boleh terlewatkan adalah menyisipkan kata kunci dalam judul video. Ini karena unsur paling terlihat dan mempengaruhi diklik atau tidaknya sebuah konten. Setelah itu berikan deskripsi penjelas yang sesuai dan menarik pula.
Semakin jelas sebuah deskripsi dalam postingan video maka akan memengaruhi hadirnya banyak penonton. Lebih baik lagi bila di dalamnya juga diselipkan beberapa kata kunci yang sesuai dan sedang trending. Hal ini efektif memberi peningkatan jumlah pengunjung secara cepat.

Pantau Durasi

Sebetulnya panjang tidaknya durasi sebuah video di Youtube tidak terlalu masalah. Pasalnya banyak pula film layar lebar yang bahka memiliki lama waktu sampai 3 jam. Namun memang tetap harus disesuaikan dengan jenis konten. Paling utama yaitu tidak membuat pnonton bosan.
Seperti konten masak atau berdandan, ada beberapa bagian lama yang tidak perlu ditunjukkan. Maka dalam hal tersebut lebih baik pengunggah mengedit terlebih dahulu baik dipercepat atau dipotong.
Mudah sekali sebetulnya untuk belajar SEO Youtube. Apalagi bila Anda melakukannya dengan senang hati. Termasuk ketika membuat konten untuk video yang ingin diunggah. Antara isi konten dengan usaha penyantuman kata kunci saling berkaitan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *