20 Oktober 2020

Ingin Belajar Website untuk Pemula? Hal-hal Berikut Perlu Dipersiapkan

2 min read

Sekarang ini belajar website untukpemula sangat diminati banyak orang khususnya kaum millenial. Mereka ingin lebih kreatif dengan berkarya di dunia digital agar tetap bisa survive dalam menjalankan kehidupan di era revolusi industri 4.0. Untuk itu, persiapkanlah diri dalam pembelajarannya.

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Belajar MembuatWebsite

Sebelum memurtuskan untuk belajar membangun sebuah website, maka Anda harus mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Pastikan bahwa semua persiapannya matang supaya di tengah jalan berbagai macam kendala dapat teratasi dengan baik. Berikut ulasannya:

1. Memilih Belajar Website Secara Otodidak atau dengan Tutor

Hal pertama yang harus Anda pikirkan saat membuat website yakni, menentukan terlebih dahulu apakah ingin belajar secara otodidak melalui bantuan buku serta tutorial online ataukah bersama tutor.

Jika Anda memutuskan bersama tutor, maka segera carilah tutor handal dan terpercaya. Sebaliknya ketika memilih belajar secara otodidak, segeralah mengumpulkan berbagai macam referensi ataupun tutorial baik itu dari YouTube, internet, buku maupun modul.

2. Laptop atau Komputer yang Mumpuni

Belajar membuat website tentunya harus menggunakan perangkat PC atau laptop. Dalam hal ini, smartphone tentunya tidak bisa digunakan karena kapasitasnya kecil.

Jadi, mulai dari sekarang persiapkanlah laptop atau komputer dengan kapasitas memori masih cukup banyak ruang kosongnya. Pastikan hal tersebut tidak mudah error karena sangat berbahaya jika tiba-tiba mati dan file pembuatan websitenya tidak tersimpan.

Tahapan-tahapan pada Proses Belajar Website untuk Pemula

Terdapat beberapa tahapan yang harus Anda lalui dalam proses belajar website untuk pemula. Tentunya,hal tersebut harus dilakukan dengan baik supaya pembelajaran berlangsung lancar dan menghasilkan ouput terbaik.

1. Menentukan Gagasan atau Tema Pembuatan Website

Hal pertama kali yang harus Anda lakukan saat akan membuat website yakni menentukan tema terlebih dahulu. Jangan sampai nanti laman tersebut amburadul dan tidak termanage dengan baik.

Pikirkan tujuan Anda dalam membuat website tersebut untuk apa. Apakah dalam rangka marketing produk, keperluan organisasi, promosi pendidikan, sekedar berbagi cerita, publikasi konten fiksi atau hal lain semacamnya.

2. Membuat Nama Domain Website

Membuat nama domain website juga sangat penting untuk Anda pikirkan dengan baik. Sebab, hal tersebut akan berhubungan dengan kepopuleran laman tersebut.

Pastikan membuat nama domain yang singkat, mudah diingat serta unik agar para pengunjung hafal dan mempercayai bahwa website Anda sangat berkualitas. Hal ini memang terkesan sepele, tetapi sesungguhnya pengaruhnya besar.

3. Memilih Web Hosting

Hosting merupakan salah satu hal yang akan mempengaruhi seberapa cepat loading dari website Anda. Di samping itu, ini juga berperan besar dalam menyelesaikan berbagai macam error di dalamnya.

Pastikan bahwa Anda memilih layanan hosting sesuai kebutuhan. Jangan menggunakan paket terlalu mahal jika hal tersebut sesungguhnya tidak perlu. Pilihlah saja fasilitas dengan jangkauan sinyal baik dan memiliki update berkala.

4. Memilih Platform Website

Hal terakhir dalam tahapan pembuatan webyang perlu Anda ketahui yakni memilih platform untuk membangun situs tersebut seperti halnya WordPress, blog dan masih banyak lagi.

Dalam hal ini, pemilihannya perlu dipertimbangkan dengan baik karena akan berhubungan pada pembiayaan, mudah atau sulitnya melalukan berbagai perubahan, penambahan plugin, tema dan sebagainya.

Demikianlah pembahasan yang dapat disampaikan mengenai hal-hal yang dibutuhkan untuk belajar website pemula serta tahapan-tahapannya. Semoga informasi tersebut dapat memberikan manfaat nyata bagi para pembaca sekalian dimanapun berada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *