28 Oktober 2020

Mengenal Tentang SEO Lengkap Beserta Jenis-jenisnya

3 min read

SEO adalah sesuatu yang tidak asing lagi di zaman digital ini. Jika Anda akrab dengan dunia marketing secara online, maka pastinya sudah mengenal seluk-beluk hal tersebut dengan baik. Bagi para pelaku bisnis di dunia maya, mempelajarinya sangat penting demi menunjang kesuksesan usaha mereka.


Apa Itu SEO?


SEO atau dalam arti Search Engine Optimization. Ini merupakan sebuah hal yang digunakan untuk melakukan optimalisasi terhadap mesin pencari seperti halnya Google, Mozilla Firefox, Internet Explorer dan lainnya supaya kinerjanya lebih cepat dalam segala kondisi.
Di samping itu, dengan adanya SEO tersebut, website dan blog serta situs-situs lain juga akan muncul pertama kali jika ada pengunjung yang mengetikkan perintah di search engine terkait dengan tema-tema tertentu laman itu. Jadi, hal ini sangat menguntungkan khususnya bagi pebisnis.
Jika situs Anda menggunakan SEO, maka bukan tidak mungkin bahwasannya hal tersebut akan memperoleh rating tertinggi pada mesin pencarian. Hal tersebut terjadi karena pengunjung akan tertarik dengan laman yang direkomendasikan oleh pihak search engine untuk pertamakali.


Mengenal Jenis-jenis SEO


Perlu Anda ketahui bahwasannya SEO juga terdiri dari beberapa jenis. Hal tersebut memiliki fungsi berbeda-beda bergantung pada tujuan pembuatannya. Maka dari itu, sebelum menggunakannya, sebaiknya pastikan terlebih dahulu apa kebutuhannya agar nantinya tidak salah pilih.

  1. SEO On Page


Jenis dari Search Engine Optimization yang pertama yakni SEO On Page. Hal tersebut sangat efektif jka digunakan untuk memodifikasi konten-konten di dalam sebuah blog atau website. Cara penggunaannya mudah dan akan membuat tampilan lebih menarik.
Adapun, hal-hal yang dicover oleh SEO jenis ini bagi situs website dan blog Anda yakni meliputi desain serta konten saja. Tujuannya adalah untuk membuat interface kekinian serta memanage isi di dalamnya supaya tidak terlalu panjang dan pendek sehingga pengunjung nyaman membacanya.

  1. SEO Off Page


Jika Anda menganggap SEO adalah sesuatu yang penting dalam menarik minat pengunjung website, maka gunakan juga jenis SEO satu ini. Kinerjanya berada di luar sebuah situs blog, web dan hal-hal lain semacamnya.
Adapun, SEO Off Page akan melakukan optimalisasi terhadap hal-hal berikut:
• Social Media Optimization.
• Search Engine Marketing.
• Social Media Marketing.
• Pembuatan blog pendukung.
• Management komentar blog.
• Promosi pada forum-forum online.

  1. Black Hat SEO


Jika Anda tidak suka dengan aturan Google yang melakukan pembatasan. Karena hal tersebut dianggap merugikan pebisnis sehingga rating tidak bisa naik secara cepat, maka silakan saja menggunakan Balcak Hat SEO.
SEO ini akan bekerja dengan cara melangggar aturan dari Google seperti halnya melakukan pengulangan keywords konten terlalu banyak.

  1. White Hat SEO


White Hat adalah kebalikan dari Black Hat SEO. Cara kerjanya baik dan benar serta tidak pernah melanggar berbagai aturan dari Google. Meskipun lurus-lurus saja, namun hasil marketing website atau blog juga tetap terjamin berkualitas dengan banyak pengunjung harian.
SEO satu ini akan memperhatikan semua aturan dari pihak Google baik itu dari segi batas penulisan konten, penggunaan link building, optimasi gambar dan masih banyak lagi. Intinya, ketika menggunakan hal tersebut Anda akan aman.

Sejatinya, SEO adalah hal menarik untuk dipelajari. Semoga Anda dapat mengambil informasi bermanfaat di dalamnya. Namun algoritma dari Google itu sendiri selalu berubah ubah, oleh karena itu diharapkan pengguna lebih mengikuti semua perkembangan yang ada. Baik isi konten atau sekedar pemilihan kata kunci saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *