23 Oktober 2020

Buat Blog Profesional Dengan Tutorial WordPress Pemula Ini

3 min read

Saat ini membuat website bukanlah menjadi hal yang sulit lagi. Hal ini karena sudah ada banyak sekali platform yang menyediakan layanan pembuatan website gratis, salah satunya adalah WordPress. WordPress adalah platform situs web yang paling populer di dunia saat ini. Dengan kemudahan yang ditawarkan dan bisa menghasilkan website yang profesional ini membuat WordPress semakin digemari oleh banyak orang di internet. Dan mungkin anda adalah salah satu orang yang tertarik menggunakan wordpress, namun tidak tahu bagaimana tutorial WordPress pemula.
Tutorial WordPress Pemula Yang Harus Diketahui
WordPress dan blogger sebenarnya sama-sama platform pembuatan blog atau website gratis. Namun yang membedakan antara keduannya adalah instalasi atua penggunaan WordPress ini jauh lebih sulit jika dibandingkan dengan blogger, oleh sebab itu banyak yang kebingungan dalam membuat blog atau website menggunakan wordpress. Bagi anda yang masih kebingungan menggunakan wordpress untuk membagnun sebuah blog atua website. Berikut dibawah ini adalah tutorial wordpress pemula yang harus anda ketahui.


1. Buat Blog Dengan WordPress Dulu
Langkah pertama anda harus membuat blog dengan wordpress terlebih dahulu. Anda hanya perlu pergi ke wordpress.com dan pilih buat website baru. Disini anda akan dihadapkan dengan dua pilihan yaitu versi gratis atau versi berbayar. Bagi anda yang ingin memiliki kontrol penuh terhadap blog atau website anda sebaiknya anda pilih saja buat website dengan versi berbayar. Jika anda memilih versi berbayar, maka anda akan dikenakan tarif sewa hosting dan domain tahunan. Keuntungan menggunakan versi berbayar adalah anda bisa dengan leluasa melakukan kustomisasi dan mengelola halaman website anda tersebut.


2. Mengganti Tampilan Website
Setelah selesai membuat website dengan wordpress, selanjutnya anda harus menyesuaikan tampilan dari website anda tersebut agar menarik dan enak dilihat. Unguk cara mengganti tampilan website ini caranya cukup mudah kok. Anda hanya perlu menginstall tema yang telah tersedia secara gratis atau berbayar. Anda lihat di sidebar sisi kiri, kemudian anda pilih menu “Appearance” dan anda klik “Themes”. Disitu akan muncul berbagai macam tema tampilan website yang bisa anda pilih sesuai selera.


3. Menginstall Plugins
Jika sudah menyesuaikan tampilan website dengan tema dari WordPress, selanjutnya anda juga bisa menginstall plugin-plugin yang bisa diinstall pada website anda. Keuntungan menggunakan wordpress adalah tersedia banyak plugins yang bisa memudahkan kita dalam mengelola website kita tersebut. Misalnya saja tersedia plugins untuk toko online, plugin page builder, plugin gallery dan ada juga plugin SEO yang bisa memudahkan kita dalam membangun sebuah website menggunakan wordpress. Sama seperti tema, plugin di wordpress ini juga tersedia dalam dua versi yaitu gratis dan juga berbayar.


4. Finishing Website
Tutorial wordpress pemula yang terakhir adalah anda hanya tinggal melakukan finishing pada website yang anda buat tersebut. Finishing disini maksudnya anda hanya tinggal melengkapi halaman website anda dengan menu navigasi, dan halaman-halaman berupa kategori, label dan masih banyak lagi tergantung selera anda ingin menambahkan apa saja. Usahakan buat menu-menu yang berguna untuk pengunjung blog anda, jangan terlalu menambahkan banyak hal pada halaman website namun pada akhirnya tidak terpakai dan hanya malah mengganggu pengunjung website anda tersebut.
Nah itulah beberapa tutorial wordpress pemula yang wajib anda ketahui. Dengan menerapkan beberapa cara di atas harapannya tentu saja anda bisa membangun website profesional menggunakan wordpress. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *