25 November 2020

Cara Daftar Adsense Pemula

3 min read

Banyak sekali orang yang ingin terjun ke dunia blogging dengan tujuan ingin mendapatkan uang dari google adsense. Hal ini wajar saja karena sudah ada banyak orang yang sukses mendapatkan uang jutaan rupiah hanya dengan google adsense saja. Namun sayangnya masih banyak yang belum mengerti bagaimana cara daftar adsense pemula. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai bagaimana sih cara mendaftar google adsense untuk pemula.

Apa Itu Google Adsense? Cara Daftar Adsense Pemula

Google Adsense merupakan program periklanan yang dikelola dan dimiliki oleh Google. Dengan adanya google adsense ini memungkinkan para blogger bisa mendapatkan uang dengan menampilkan atau menjadi publisher dari google adsense tersebut. Para blogger akan mendapatkan uang dari setiap iklan yang tampil pada blog mereka dan juga mendapatkan uang tambahan dari setiap klik iklan pada blog mereka. Iklan yang ditampilkan oleh Google Adsense ini dapat berupa teks, video atau gambar animasi. Para publisher hanya perlu mengcopy kode iklan dan memasangnya pada situs mereka. Lalu bagaimana cara daftar adsense pemula? sebelum itu sebaiknya anda mengetahui syarat mendaftar google adsense terlebih dahulu.

Syarat Mendaftar Google Adsense

Sebelum anda memutuskan untuk mendaftar pada google adsense. Berikut adalah beberapa syarat yang harus anda penuhi untuk bisa mendaftar pada Google Adsense:

  • Memiliki blog atau website yang sudah berusia minimal 6 bulan.
  • Berusia 18 tahun keatas atau sudah memiliki KTP dan kartu identitas lainnya seperti SIM.
  • Memiliki email Google.

Cara Daftar Adsense Pemula

Setelah anda memenuhi syarat-syarat di atas untuk menjadi publisher Google Adsense. Berikut adalah bagaimana cara daftar adsense pemula:

  1. Pertama anda harus mengunjungi situs dari Google Adsense terlebih dahulu dengan pergi kesini.
  2. Setelah itu anda klik sign up atau daftar menjadi publisher dengan memasukan email google atau Gmail yang anda miliki. Jika anda menggunakan platform blogger pastinya sudah memiliki akun google tersebut, jika belum anda bisa membuatnya.
  3. Berikutnya anda harus memasukan alamat atau situs url anda. pastikan anda menambahkan alamat situs tanpa “http://”.
  4. Selanjutnya akan ada pilihan yang berguna untuk mengaktifkan informasi saran dari Google Adsense yaitu “Get Out More of Adsense”. Jika anda mengaktifkan ini maka anda akan mendapatkan saran dari Google Adsense guna mengoptimalkan iklan yang ada sehingga bisa mendapatkan hasil yang lebih baik lagi.
  5. Berikutnya anda harus memilih negara tempat anda tinggal. Anda pilih saja tempat anda tinggal yaitu di Indonesia. Jangan lupa mencentang ketentuan dan juga pedoman perjanjian Adsense, selanjutnya anda klik “Get Started”.
  6. Kemudian anda akan disuruh memasukan informasi mengenai data diri dan informasi pembayaran. Di bagian ini jangan sampai anda salah mengisi ya, sesuaikan data dengan KTP atau SIM yang anda miliki karena ini akan berhubungan saat anda ingin mencairkan dana dari Google Adsense.
  7. Pilih Account Type “Individual” jika blog yang anda miliki adalah blog pribadi, kemudian anda pilih “Business” jika blog yang anda miliki adalah website bisnis besar seperti forum atau website berita.
  8. Berikutnya masukan nama, provinsi dan alamat lengkap, kode pos dan juga nomor HP. Klik “Submit”.
  9. Selanjutnya anda akan menerima kode verifikasi melalui SMS atau Telepon, saran saya sih pilih kode verifikasi melalui sms saja.
  10. Terakhir anda akan mendapatkan kode google Adsense yang harus anda pasang pada website atau blog anda. Bagi pengguna blogger anda masukan kode script Google Adsense tersebut antara tag <head> dan </head>. Bagi anda pengguna WordPress anda bisa membuka file header.php dan pastekan kode tersebut di file tersebut.
  11. Terakhir jika anda sudah memasukan kode Adsense pada blog, anda klik saja tombol “Done”.

Nah itulah bagaimana cara daftar adsense pemula yang bisa anda coba. Perlu anda ketahui jika mendaftar Google Adsense memang mudah, namun yang susah adalah proses penerimaannya. Setelah anda mendaftar maka blog atau website anda masih akan direview oleh Google apakah layak atau tidak untuk menjadi publisher adsense. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *