23 Oktober 2020

Tutorial Blogger Pemula Sampai Dapat Uang Dari Blog

2 min read

Sepertinya tren membuat dan membangun blog tidak akan pernah mati. Seiring dengan berkembangnya internet dan teknologi, blog masih dibutuhkan oleh masyarakat untuk mendapatkan suatu informasi atau hanya sekedar untuk membaca-baca berita. Untuk anda yang belum mengerti apa itu blog, secara singkat blog adalah halaman di internet (seperti blog ini) yang dibuat dengan tujuan tertentu dimana salah satu tujuannya adalah untuk mendapatkan uang. Karena bisa digunakan untuk mendapatkan uang, saat ini banyak bertebaran tutorial Blogger pemula yang juga dicari-cari oleh orang yang ingin membangun sebuah blog.


Langkah Membangun Blog Dari Nol

Karena banyaknya orang-orang saat ini yang juga ingin ikut membangun dan mengembangkan sebuah blog, saya pun disini juga akan membagikan beberapa tutorial Blogger pemula yang mungkin bisa bermanfaat untuk anda yang ingin membangun blog dari nol sampai bisa menghasilkan uang. Berikut adalah beberapa tutorial membangun sebuah blog dari nol.


1. Pikirkan Konten
Pertama anda harus memikirkan kira-kira ingin membuat konten atau mengisi dengan konten apa nanti pada blog anda tersebut. Memikirkan konten sangat penting karena akan mempengaruhi langkah kedua pada artikel ini. Usahakan untuk membuat konten yang tidak pernah ada matinya. Salah satu konten yang tidak pernah ada matinya adalah konten tutorial atau cara. Atau anda juga bisa membuat blog dengan konten teknologi, kesehatan atau konten lainnya yang kira-kira anda pahami sehingga nantinya anda tidak akan kebingungan ketika membuat sebuah artikel untuk blog tersebut.


2. Buat Blog Sesuai Konten
Berikutnya tentu saja anda harus membuat sebuah blog terlebih dulu. Caranya cukup mudah dan gratis kok, anda hanya tinggal membuka halaman www.blogger.com dan pilih buat blog baru, isi alamat blog dan nama blog anda. Sama seperti tutorial youtube pemula kemarin, jadi usahakan agar nama blog menggambarkan isi atau konten dari blog tersebut nantinya.


3. Latihan Menulis Yang Baik Dan Enak Dibaca

Perlu anda ketahui jika sebuah blog tentu saja berisi sebuah tulisan atau artikel, bukan sebuah video. Oleh sebab itu anda juga harus memiliki skill atau kemampuan yang baik dalam menulis suatu artikel. Langkah pertama bagi blogger pemula sebaiknya anda buat tulisan yang enak dibaca dan meminimalkan kesalahan pengetikan atau typo. Untuk pemula jangan terlalu memperhatikan SEO dulu, karena yang terpenting perbanyak konten atau artikel.


4. Update Artikel Rutin
Setelah anda bisa menulis artikel dengan baik dan benar serta enak dibaca, usahakan agar anda mengupdate artikel secara rutin. Untuk blog baru sebaiknya saya sarankan agar update artikel minimal dua hari sekali, atau kalau bisa sih sehari satu artikel. Jika dirasa sudah cukup banyak konten atau artikelnya, baru deh anda bisa sedikit mengendorkan jadwal rutin update artikel. Minimal paling tidak blog anda harus memiliki 50 artikel, baru setelah itu anda bisa dengan bebas melakukan update artikel sesuka anda.


5. Jangan Terburu-buru Menghasilkan Uang

Tutorial blogger pemula yang terakhir adalah jangan terburu-buru untuk menghasilkan uang. Memang sih tujuan kita dari awal adalah untuk mendapatkan uang dari blog, namun jangan terlalu fokus menghasilkan uang jika usia blog anda masih seumur jagung. Fokuslah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas blog terlebih dulu. Jika blog sudah berkualitas dan memiliki visitor harian, baru deh anda bisa menghasilkan uang dari blog lewat Google Adsense.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *